Home » Bahan Bakar Gas » Gas Elpiji

Gas Elpiji

Tuesday, May 10th 2011. | Bahan Bakar Gas

Gas Elpiji – Liquid Petroleum Gas – Overview

Oleh : ahmad haris

Gas Elpiji adalah nama dagang PT. Pertamina untuk bahan bakar Liquid Petrolium Gas. Liquid petroleum gas (disebut juga LPG, GPL, LP Gas, autogas, atau gas propana cair) adalah campuran gas hidrokarbon yang digunakan sebagai bahan bakar dalam peralatan pemanas dan kendaraan bermotor. Elpiji memiliki nilai kalori lebih tinggi jika dibanding dengan bahan bakar minyak dan bensin premium. ( Nilai kalori Elpiji 46,1 MJ/kg, bahan bakar minyak 42,5 MJ/kg dan bensin premium 43,5 MJ/kg).

Elpiji dapat digunakan sebagai sumber daya untuk panas dan bisa diubah menjadi daya. Elpiji dapat disimpan dalam berbagai cara.

Motor bakar

Gas Elpiji

Elpiji bisa digunakan untuk bahan bakar motor bakar (kendaraan), dan biasanya disebut sebagai autogas atau auto propane. Campuran Elpiji dan bahan bakar minyak bisa menurunkan asap dan konsumsi bahan bakar Hidrokarbon, tetapi emisi hydrocarbonnya meningkat. Elpiji memiliki kepadatan energi yang lebih rendah daripada bensin atau bahan bakar minyak sehingga konsumsi bahan bakarnya setara lebih tinggi. Akan tetapi pengalihan bahan bakar minyak ke bahan bakar gas perlu alat tambahan yang dinamakan converter kit.

Mesin Pendingin

Elpiji merupakan cairan yang bisa digunakan pada mesin pendingin ruangan, yaitu dengan metode penyerapan panas oleh Elpiji saat berubah dari cair menuju gas.

Campuran murni, “isopropane” (refrigeran R-290a) dan isobutane (R-600a) mempunyai potensi merusak ozon yang kecil atau sangat rendah pengaruhnya terhadap pemanasan global. Sehingga apabila dipakai sebagai pengganti R-12, R-22, R -134a, dan chlorofluorocarbon (CFC) lain atau refrigeran hydrofluorocarbon (HFC) dalam mesin pendinginan dan sistem pendingin udara konvensional, maka efek pemanasan global bisa dikurangi.

Namun substitusi tersebut tentunya belum bisa diterapkan dalam sistem pendingin udara kendaraan bermotor, dengan alasan bahwa menggunakan hidrokarbon mudah terbakar.

Perbandingan dengan gas alam

Elpiji memiliki nilai kalori yang lebih tinggi (94 MJ/m3 setara dengan 26.1kWh / m³) dari gas alam (metana) (38 MJ/m3 setara dengan 10,6 kWh/m3), yang berarti bahwa Elpiji tidak bisa begitu saja menggantikan gas alam. Solusinya, Elpiji ​​dicampur dengan udara untuk menghasilkan gas alam sintetis (SNG). Rasio pencampuran Elpiji dengan udara rata-rata 60/40, itupun masih tegantung pada gas-gas yang membentuk Elpiji. Metode untuk menentukan rasio pencampuran adalah dengan menghitung Wobbe indeks. Gas dengan Wobbe indeks sama dianggap bisa saling menggantikan.

Dampak Lingkungan

Elpiji yang tersedia saat ini berasal dari bahan bakar fosil. Pembakaran gas Elpiji menghasilkan CO2, gas rumah kaca, dan menuju ke pemanasan global. Namun, bagaimanapun juga Elpiji melepaskan lebih sedikit CO2 per unit energi daripada batubara atau minyak.

Resiko Kebakaran dan Antisipasinya

Pada dasarnya Elpiji berupa gas, sehingga untuk membuatnya cair (liquid) perlu perlakuan khusus yaitu dengan mengkondisikan pada suhu dan tekanan tertentu. Artinya gas Elpiji perlu disimpan dalam bejana atau wadah (tabung) yang bertekanan.

Tabung Elpiji yang mengalami kebakaran cukup lama dan intensitas yang cukup, membuat cairan mengembang dan meningkatkan tekanan dalam tabung yang bisa mengakibatkan ledakan. Untuk mengatasinya, disamping tabung dibuat dengan ketebalan yang cukup juga dilengkapi dengan katup pelepas tekanan (relief valve). Katup relief di atas dirancang untuk membuang kelebihan tekanan untuk mencegah pecahnya tabung itu sendiri.

Sebagai tindakan antisipasi tabung gas perlu ditempatkan yang jauh dari sumber panas berlebih, dipisahkan dari sumber api. Juga perlakuan-perlakuan lain seperti pemasangan yang benar, tidak boleh ada kebocoran.

Kesimpulan

Gas Elpiji adalah energy alternative yang jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak dan bensin mempunyai kelebihan diantaranya lebih bersih (tidak berasap) juga mempunyai emisi gas buang yang lebih sedikit. Terkait mesin pendingin gas Elpiji juga lebih ramah lingkungan karena tidak merusak ozon yang berarti mengurangi efek pemanasan global.

Walaupun demikian, karena diambil dari fosil tetap saja ada emisinya. Sehingga yang paling bijak adalah “gunakan seperlunya, dan tidak boros”.

Untuk contoh pemakaian, tip & trik tunggu artikel selanjutnya.

Disusun dari beberapa sumber.


Mungkin Anda tertarik yang ini:

brother xr9500prw
singer curvy 8763 reviews
brother pe770 reviews


Related posts

tags: , , , , , , ,

Related For Gas Elpiji

Comment For Gas Elpiji