Home » Tips & Trik » Kompor Gas

Kompor Gas

Wednesday, September 21st 2011. | Tips & Trik

Kompor Gas Elpiji

Oleh: Ahmad Haris

Kompor gas termasuk perlengkapan utama sebuah dapur. Makanya ada ungkapan “yang penting dapur ngebul” karena dapur ya urusannya ngebul (memasak). Memasak ya kompor.

Apapun alasannya kita harus berterima kasih dengan diperkenalkannya kompor gas kemasyarakat oleh pemerintah. Gratis lagi… (bagi yang dapat..?)

Kita masih ingat waktu masih menggunakan kompor minyak tanah, dapurnya hitam berasap, nyalainnya repot, masaknya lama. Pokoknya tidak praktis saja. Coba bandingkan sekarang setelah menggunakan kompor gas elpiji? Bersih iya, cepat masaknya iya, praktis dan lebih efisien mungkin. (perlu data masalahnya)

Kompor gas elpiji dengan segala kemudahannya tersebut tetap harus ada yang perlu mendapat perhatian demi keamanan.

Misalnya:
1. Sirkulasi udara harus bagus, perlu ventilasi. Ini yang paling bagus.
2. Kalau tidak ada ventilasi yang cukup mau tidak mau harus dipasang cooker hood, yaitu alat untuk menyaring udara kotor agar kembali bersih.
3. Penempatan kompor gas, tabung gas, cara pemasangannya juga perlu diperhatikan.

Bagi yang tidak mendapat jatah kompor dari pemerintah dan mau membeli kompor gas mungkin ada yang perlu diperhatikan tentang jenis kompor yang akan dibeli.

Jenis Kompor Gas berdasarkan fleksibilitas:

1. Kompor portable

Kompor portable

Kompor portable

Ini yang paling sederhana dan paling banyak dipasaran, praktis, penempatannya mudah tinggal ditaruh diatas meja tahan api (beton biasanya)

2. Kompor tanam

Kompor gas jenis ini perlu disesuaikan dengan dapur kita. Jadi kalau kita pakai kompor ini kelihatannya harus paling tukang untuk menanamnya di dapur. Jadi sebaiknya beli dulu kompor ini baru dapunya menyesuaikan. Repot ya..? Tapi bagus koq kalau sudah terpasang, rapid an keren dech dapurnya.

3. Kompor berdiri

DOMO Kompor Gas DG-9408

DOMO Kompor Gas DG-9408

Kompor gas berdiri sebenarnya tampilan atasnya mirip kompor gas model tanam, bedanya kompor ini sudah ada kakinya atau mejanya. Dan biasanya meja berfungsi sekaligus oven, bener kan?

 

Kita bisa juga membedakan Kompor Gas berdasarkan jumlah tungku:

1. Kompor Gas tungku satu

Nah ini yang masuk dalam program Pemerintah. Program konversi minyak tanah ke gas elpiji menggunakan kompor jenis ini. Yaitu kompor gas portable yang menggunakan satu tungku / burner.

2. Kompor Gas Dua Tungku

Kompor Gas Dua Tungku

Kompor Gas Dua Tungku

Kompor gas ini disamping dilengkapi dua tungku terkadang direngahnya ditambahkan untuk pemanggang. Kebanyakan dari jenis kompor ini adalah kompor portable.

3. Kompor Gas tungku empat

Kompor gas elpiji dengan 4 gas burner termasuk oven yang elegan karena body dan tungku full stainless steel juga mudah dalam perawatan.

4. Kompor Gas tungku lima

Kompor gas tungku empat dan tungku lima biasanya sudah termasuk jenis kompor berdiri. Sehingga sudah dilengkapi dengan oven dimejanya.

Mana kompor gas elpiji yang terbaik? Semua terserah kita. Mau yang mana semua ada kekurangan dan kelebihan perlu disesuaikan dengan design dan bugdetnya masing-masing.

>> Silahkan Pilih Disini, Sesuaikan dg Bugdet Anda!! <<

Dikarenakan banyaknya masukan untuk membuat artikel tentang tips seputar pemilihan kompor gas, maka dalam waktu dekat akan dibuatkan postingan khusus tentang “TIPS MEMILIH KOMPOR GAS“.  Silahkan klik disini!!!


Mungkin Anda tertarik yang ini:

singer prelude 8280
Fujitsu lifebook-t731 Reviews
singer curvy 8763 reviews


Related posts

tags: , , , , , ,

Related For Kompor Gas

Comment For Kompor Gas